Probolinggo – SMK Ahmad Yani Probolinggo, khususnya dalam kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, telah menjalin kerjasama dengan PT. Tera Data Indonusa Tbk (TDI) yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur. Pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2023, SMK Ahmad Yani mengundang seorang guru tamu dari PT. TDI Tbk yang dilaksanakan di ruang kelas industri, yang juga dikenal sebagai ACP (Axioo Class Program). Acara ini dihadiri oleh Pak Andrey Fifo, Direktur PT. TDI.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Siswa-siswa tersebut menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kegiatan guru tamu ini. Hal ini terlihat saat sesi tanya jawab, mereka dengan semangat mengajukan pertanyaan seputar budaya industri, kunci sukses, dan kemampuan berbicara di depan umum. Dalam konteks ini, penting untuk memahami perbedaan budaya kerja antara lingkungan sekolah dan industri, karena hal tersebut dapat mempengaruhi mentalitas siswa.

Baca juga : Program Axioo Class di SMK Ahmad Yani Probolinggo Mengadakan Ujian Secara Online untuk Meningkatkan Pembelajaran

Melalui kehadiran guru tamu dari PT. TDI Tbk, para siswa diberikan kesempatan untuk memperluas wawasan dan memahami lebih dalam mengenai dunia industri. Guru tamu tersebut membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang budaya kerja, etika, dan nilai-nilai yang diterapkan di industri. Mereka juga membahas pentingnya keterampilan komunikasi yang efektif dan kemampuan berbicara di depan umum dalam membangun karir yang sukses di dunia industri.

Para siswa dengan antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan, berharap dapat memperoleh wawasan yang lebih dalam mengenai budaya industri. Mereka ingin mengetahui kunci sukses dalam dunia kerja dan bagaimana mengembangkan kemampuan pulic speaking yang penting dalam berkomunikasi dengan baik di lingkungan kerja.

Baca juga : SMK Ahmad Yani Probolinggo Meraih Silver Winner di Ajang Kompetisi Nasional Global House-National English And Science Olympic (NESO)

Kerjasama antara SMK Ahmad Yani Probolinggo dan PT. Tera Data Indonesia Tbk. memberikan manfaat yang besar bagi siswa. Selain mendapatkan pengetahuan tambahan, siswa juga dapat memperluas jaringan dan membangun hubungan dengan profesional di industri. Ini adalah langkah yang tepat dalam mempersiapkan siswa untuk adanya transisi yang mulus dari pendidikan ke dunia kerja.

Kegiatan guru tamu ini juga merupakan wujud nyata dari pendekatan pendidikan yang holistik di SMK Ahmad Yani Probolinggo. Selain fokus pada pengetahuan dan keterampilan akademik, sekolah juga memberikan perhatian serius terhadap pengembangan keterampilan teknis dan pemahaman tentang dunia kerja kepada siswa. Dengan melibatkan industri dalam proses pembelajaran, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan tentang apa yang diharapkan dari mereka ketika mereka lulus dan memasuki dunia kerja.

Baca juga : PT. MPM Surabaya Mendukung Peningkatan Kompetensi Guru melalui Uji Kompetensi

SMK Ahmad Yani Probolinggo berharap bahwa melalui kegiatan ini, siswa akan semakin termotivasi dan memperoleh wawasan yang berharga tentang dunia industri. Mereka diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dalam situasi dunia nyata. Dengan demikian, siswa akan lebih siap untuk menghadapi tantangan dan kesempatan di dunia kerja yang kompetitif.

Pewarta : Mas Mujay
Editor     : Tim IT